Jangan Teralu Lama Di Dalam Toilet

Sahabat TAQWA pernahkah anda mendepati seseorang begitu menyukai aktivitas buang air besar sembari bermain game di smartphone, atau sekedar berselancar di dunia maya, atau bahkan sembari merokok ?

Perlu sahabat ketahui bersama toilet adalah tempat dimana setan berada sebab banyak kotoran, tempat kita membuang hajat. Tempat-tempat buang hajat di datangi setan, sebagaimana dijelaskan Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَة ٌ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه أبو داود، رقم 6 وصححه الألباني في الصحيحة ، رقم 1070)

“Sesungguhnya tempat buang hajat, didatangi setan. Jika kalian…


Banyak diantara kita sudah mengetahui batasan — batasan aurat untuk pria maupun untuk wanita.

Khusus aurat tentang wanita terkadang masih timbul pertanyaan, apakah suara wanita itu merupakan aurat ?

اختلف العلماء في صوت المرأة فقال بعضهم إنه ليس بعورة لأن نساء النبي كن يروين الأخبار للرجال وقال بعضهم إن صوتها عورة وهي منهية عن رفعه بالكلام بحيث يسمع ذلك الأجانب إذا كان صوتها أقرب إلى الفتنة من صوت خلخالها وقد قال الله تعالى: وَلاَ يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ فقد نهى الله تعالى عن استماع صوت خلخالها لأنه يدل على زينتها فحرمة رفع صوتها أولى من ذلك ولذلك…


Surga Dan Neraka Bisa Jadi Karena Lisanmu

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوۡلُوۡا قَوۡلًا سَدِيۡدًا

Latin :
Yaaa aiyuhal laziina aamanut taqul laaha wa quuluu qawlan sadiidaa

Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar (QS. Al-Ahzab Ayat 70)

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya hadits no.10 dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Artinya :
“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya”

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya hadits no. 6474 dari Sahl bin Sa’id bahwa Rasulullah bersabda.

مَنْ…


Ini Perbedaan Antara Fakir Dan Miskin Untuk Menerima Zakat

Dibulan Ramadhan kita di wajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Ibnu Abbas ra, ia berkata,

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ.

Artinya :
“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).


Puasa Dan Berbuka Dengan Bangkai

Media TAQWA — Berpuasa tidaklah hanya sekedar menahan lapar dan haus. Penglihatan, pendengaran, dan lisan pun perlu dijaga dari hal-hal yang diharamkan.
.
Terdapat hadits dalam kitab Bulughul Marom karya Ibnu Hajar Al Asqolani, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan haram, juga melakukan maksiat dan melakukan perkara bodoh, maka Allah tidak lagi peduli pada makan dan minum yang ia tinggalkan.”
.
Kata Ibnu Hajar, “Diriwayatkan oleh Bukhari dan Abu Daud. Lafazhnya adalah dari Abu Daud.”
(Takhrij: HR. Bukhari no. 6057 dan Abu Daud no. 2362. …


Dari yang sekedar joget untuk seru — seruan bersama kawan, sampai dengan berjoget sendiri di iringi musik. Tentu jangan lupakan juga lelaki yang berjoget gemulai sangat banyak jumlahnya dan sangat mengkhawatirkan.

Dijelaskan dalam Mausu’ah Fiqhiyyah Kuwaitiyah (23/10),

فَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ وَالْقَفَّال مِنَ الشَّافِعِيَّةِ إِلَى كَرَاهَةِ الرَّقْصِ مُعَلِّلِينَ ذَلِكَ بِأَنَّ فِعْلَهُ دَنَاءَةٌ وَسَفَهٌ، وَأَنَّهُ مِنْ مُسْقِطَاتِ الْمُرُوءَةِ، وَأَنَّهُ مِنَ اللَّهْوِ. قَال الأَْبِيُّ: وَحَمَل الْعُلَمَاءُ حَدِيثَ رَقْصِ الْحَبَشَةِ عَلَى الْوَثْبِ بِسِلاَحِهِمْ، وَلَعِبِهِمْ بِحِرَابِهِمْ، لِيُوَافِقَ مَا جَاءَ فِي رِوَايَةٍ: يَلْعَبُونَ عِنْدَ رَسُول اللَّهِ بِحِرَابِهِمْ وَهَذَا كُلُّهُ مَا لَمْ يَصْحَبِ الرَّقْصَ أَمْرٌ مُحَرَّمٌ كَشُرْبِ الْخَمْرِ، أَوْ كَشْفِ الْعَوْرَةِ وَنَحْوِهِمَا، فَيَحْرُمُ اتِّفَاقًا

“Ulama Hanafiyah…


Media TAQWA — Malam Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal ini tergambar pada QS. Al-Qadr -97 (Kemuliaan).

Untuk wanita yang sedang berhalangan tetap bisa menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan kegiatan selain shalat.

Di antara bentuk ibadah yang bisa dilakukan adalah:

  1. Membaca Alquran tanpa menyentuh mushaf. (Lihat penjelasan detailnya disini)
  2. Berzikir dengan memperbanyak bacaan tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah), dan zikir lainnya.
  3. Memperbanyak istigfar.
  4. Memperbanyak do’a.
  5. Membaca zikir ketika lailatul qadar yakni sebagaimana diajarkan Nabi.

Perlu di ketahui sahabat TAQWA mencicipi masakan saat berpuasa tidak lah membatalkan puasa.

Ibnu ‘Abbas mengatakan,

لاَ بَأْسَ أَنْ يَذُوْقَ الخَلَّ أَوْ الشَّيْءَ مَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ وَهُوَ صَائِمٌ

Artinya :
“Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf no. 9277. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ no. 937 mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Bagaimana jika tidak sengaja tertelan ?

Abdur Rozaq membawakan beberapa riwayat di antaranya dari Yunus dari Al Hasan,

رَأَيْتُهُ يَمْضَغُ لِلصَّبِي طَعَامًا وَهُوَ صَائِمٌ يَمْضَغُهُ ثُمَّ يُخْرِجُهُ مِنْ فِيْهِ يَضَعَهُ فِي فَمِ الصَّبِي

Artinya :
“Aku melihat beliau mengunyah makanan untuk anak kecil –sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa-. Beliau mengunyah kemudian beliau mengeluarkan hasil kunyahannya tersebut dari mulutnya, lalu diberikan pada mulut anak kecil tersebut.”

Selengkapnya di : Hukum Mencicipi Masakan Saat Puasa

Media TAQWA


Puasa Tapi Tidak Shalat 5 Waktu ? Banyak kasus yang terjadi di tengah masyarakat kita dengan berpuasa maka boleh tidak shalat wajib 5 waktu. Tentu ini adalah hal yang sangat salah.

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah dalam Fatawa Shiyam, hal. 87, ditanya tentang hukum puasa orang yang meninggalkan shalat ?

Beliau menjawab, “Orang yang meninggalkan shalat, puasanya tidak sah dan tidak diterima. Karena orang yang meniggalkan shalat itu kafir dan keluar dari Islam (murtad).”

Shalat juga menandakan bahwa kita adalah sodara seagama seperti pada QS. At-Taubah Ayat 11 berikut :

فَاِنۡ تَابُوۡا وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ فَاِخۡوَانُكُمۡ فِى الدِّيۡنِ‌ؕ وَنُفَصِّلُ الۡاٰيٰتِ…


Mendapatkan cahaya pada hari kiamat adalah bagian dari manfaat shalat subuh berjamaah.

7 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah

  1. Mendapat Berkah Dari Allah Ta’ala
  2. Mendapat Cahaya Pada Hari Kiamat
  3. Mendapat Ganjaran Shalat Malam
  4. Di Jamin Allah
  5. Di Bebaskan dari sifat munafik
  6. Disaksikan oleh malaikat
  7. Berpeluang mendapatkan pahala haji atau umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari.

Selengkapnya di : 7 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah

taqwa media Grup ind

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store